Bisnis adalah kata yang sering kita dengar. Tapi, sebenarnya apakah pengertian atau definisi dari bisnis itu?

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi atau individu yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.

Dan bisnis itu sendiri sudah berpengaruh terhadap kehidupan banyak orang. Ada yang menjadikan bisnis sebagai pekerjaan pokoknya untuk mencari uang dan ada juga yang hanya berbisnis sebagai usaha sampingan. Contohnya adalah saya yang pernah mencoba untuk berbisnis sampingan. Saat di SMA, saya pernah menjual Jersey ke teman-teman, awalnya hanya coba-coba, namun ternyata hasilnya lumayan untuk tambahan uang jajan saya, walaupun tidak banyak, setidaknya saya senang  sudah bisa mencari uang sendiri. Dan baru-baru ini saya mendengar teman saya mencoba bisnis MLM Sophie Paris. Awalnya dia member hanya untuk konsumsi sendiri, namun kebetulan teman saya ada yang membeli barang dari temannya, dari situ dia mulai menawarkan ke orang lain. Jadi, meskipun dia sibuk kuliah, dia masih bisa sambilan berbisnis, karena bisnis tersebut tidak menyita waktu dia.

Menurut definisi bisnis diatas, selain menjual  barang, menjual  jasa kepada konsumen juga termasuk bisnis. Saat SMA, saya juga pernah mencoba untuk mengajar privat murid SD yang kebetulan rumahnya tidak jauh dari rumah saya. Tentu saja saya tidak melewatkan kesempatan yang mungkin tidak akan datang untuk kedua kalinya. Dari mengajar, selain bisa memperoleh penghasilan sendiri,  saya juga mendapat pengalaman  yang belum tentu semua orang dapatkan.

Dalam berbisnis, setiap orang pasti membutuhkan modal, entah itu berupa uang atau barang. Dan jika bisnis atau usaha tersebut sukses, pasti modal itu akan bertambah dan individu atau perusahaan akan memperoleh laba. Saat saya berbisnis Jersey, saya menggunakan uang jajan saya sebagai modal utama, dan alhasil modal saya itu pun kembali, bahkan bertambah.

Namun, dalam berbisnis tidak semuanya bisa berjalan mulus tanpa hambatan seperti jalan tol. Contohnya barang yang dijual tidak laku terjual, sehingga penghasilan yang diperoleh tidak sebanding dengan modal. Resiko lain adalah saat pembeli membayar tidak secara tunai, dengan kata lain berhutang, bahkan kemungkinan terburuknya modal usaha tidak kembali alias rugi.

Tapi jika ingin mulai berbisnis tentu saja kita harus berani mengambil segala resiko yang ada, karena itu lah bisnis. Jika tidak berani mengambil resiko jangan coba-coba untuk berbisnis. Dan selain keberanian, dalam berbisnis dibutuhkan sifat pantang menyerah dan kreativitas juga tentunya.

Dizaman globalisasi seperti sekarang ini, sudah banyak para penjual yang memanfaatkan internet untuk menjual barang dagangannya atau lebih dikenal dengan nama online shop. Sehingga, para penjual tidak perlu membeli atau menyewa tempat untuk menjual dagangannya dan para pembelipun bisa membeli barang yang diinginkannya langsung dari rumah tanpa harus mendatangi si penjual.

Jadi, menurut saya bisnis itu menyenangkan, apalagi jika barang yang dijual bisa laris manis🙂

 

PEGARUH BISNIS TERHADAP KEHIDUPAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s